Cara Backup dan Restore Lisensi Windows/Office

Perhatian, cara ini digunakan untuk jaga-jaga jika anda install ulang windows kemudian lisensinya tidak bisa dipakai lagi karena mengisi kembali kolom lisensi saat install ulang (yang harusnya tekan “i dont have product key”) atau lisensi office anda terhapus karena kena replace lisensi KMS.

  1. Pastikan catat dan simpan lisensi yang anda beli ditempat yang aman seperti draft email atau google keep.
  2. Download MSActBackUp DISINI!.
  3. Extract file tadi, buka foldernya lalu jalankan MSActBackup.exe, biasanya akan terdeteksi sebagai aplikasi KMS dan jika ada pemberitahuan virus, silahkan buka notif windows defender dan harap pilih allow on devices kemudian pilih start action. Harap lakukan dengan cepat sebelum filenya dihapus. Sesuaikan untuk antivirus lainnya.


  4. Setelah aplikasinya terbuka, akan ada daftar lisensi windows dan office yang terinstall di pc anda. Untuk lisensi Office, anda hanya akan bisa melihat 5 digit terakhirnya.


  5. Tekan save activation untuk memulai proses backup. Untuk folder to save silahkan isi apa saja atau biarkan seperti yang sudah terisi. Untuk lisensi windows silahkan tekan ok, dan untuk lisensi office anda harus memasukkan lisensinya secara penuh, dan jika lupa anda atau jika itu adalah lisensi kms, silahkan kosongkan saja. Jadi nantinya lisensi yang terbackup hanya lisensi windows saja dan ini hanya sebagai contoh, jika anda ingin backup lisensi officenya, silahkan isi kolom lisensinya. Biasanya folder tempat lisensi terbackup akan terlihat seperti direktori dibawah. Anda bisa mengcopy folder tadi ke harddisk atau media penyimpanan selain drive windows untuk dipakai untuk restore lisensi nanti setelah install ulang atau ketika aktivasi anda ter”replace” oleh aplikasi KMS.


  6. Untuk cara restorenya sangat mudah, agan hanya perluh membuka aplikasinya dan ke menu restore activation dan tekan restore activation lalu cari folder tempat anda menyimpan file backup lisensinya. Silahkan centang Restore WPA jika gagal.


  7. Setelah itu proses restore lisensi akan berjalan, silahkan tunggu hingga ada notif lisensi telah diinstall. Dibawah adalah contoh lisensi windows berhasil direstore, sementara officenya gagal karena saya dari awal mengosongkan kolom lisensinya (hanya contoh).


  8. Harap simpan folder backupnya untuk dipakai aktivasi jika saat install ulang lisensi gagal dipakai kembali. Tidak ada batasan penggunaan lisensi selama menggunakan mobo yang sama.